Tradisi Sekaten Kembali Digelar, Dimeriahkan Juga Oleh Event Pekan Raya "Sekaten Solo 2024" !

Tradisi Sekaten Kembali Digelar,

Dimeriahkan Juga Oleh Event Pekan Raya

Tradisi Sekaten Kembali Digelar,

Dimeriahkan Juga Oleh Event Pekan Raya Bertajuk "Sekaten Solo 2024" !


JATENG||


radarberitanasional.co.id-

Gelaran acara tradisi Sekaten di Surakarta Jawa Tengah,sedang dengan segala persiapan nya,dimeriah kan Pekan Raya "Sekaten Solo 2024",yakni pada 23 Agustus sampai dengan 22 September 2024,tradisi sekaten sendiri terus di budayakan oleh masyarakat lokal dengan bersama pemerintah setempat rutin dibuka setiap tahun nya.(11/7/24).


Menelisik sejarah, dimasa lalu gelaran tradisi tersebut konon sudah ada sejak zaman kerajaan dahulu kala,silsilah sekaten sendiri yang semula disebut sebagai Pionir nya Sarana Siyar Agama Islam yang miturut catatan sejarah pada abad ke15.


Sedangkan Asal muasal sebutan Sekaten sendiri ialah yang bermakna Kalimat Siyahadat,sebelum sekaten disebut juga dengan"Siyahadatain". Hingga seiring perkembangan zaman makin kesini popullar di sebut dengan Sekaten.


Mengutip dari berbagai sumber terpercaya,sekaten yang juga adalah sebagai bentuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, yang di inisiasi oleh para wali allah yakni Wali Songo pada era itu pada setiap tanggal 5 hingga 11 Rabiul Awal,atau bila pada kalender jawa(Bulan Mulud).


Seperti dikatakan seorang warga lokal Sri(58). Ia mengutarakan hal senada dimana acara tradisi sekaten yang secara turun temurun telah diwarisi oleh nenek moyang nya sejak dizaman keraja'an solo ber jaya hingga kini," Sekaten meniko(Sekaten itu-Red). Adalah acaranya rakyat solo, yang kata orang tua dahulu itu diadakan sejak zaman keraton surakarta. Yang tujuan nya guna memperingati maulid nabi muhammad saw.yang ide nya dari para wali yulloh(Wali songo-Red).sekaligus sebagai sarana penyebar masuk nya agama islam kala itu, begitu ceritaan wong tuo.


Dan untuk gelaran acara yang inza allah akan berlangsung tahun ini, juga kebetulan infonya akan dimeriahkan juga oleh para panitia UMKM dan beberapa instansi,sumber nya untuk lebih membuat bermakna,mensupport agar lebih dikenal lagi selain budaya tradisi ini,dengan adanya Pasar Rakyat,Hiburan Wahana Keluarga,juga Stand bagi pelaku usaha UMKM tersedia, infonya pada 23 Agustus mendatang,untuk lokasinya denger-denger sich kalau tak salah di Sri Wedari, Outlet-outlet nya di Graha Niaga".Ujarnya.


Journalist/Pewarta: Arif

Author/Penulis        : Taer-Red

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to access array offset on value of type null

Filename: portal/visitor_counter.php

Line Number: 13