Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Berkomitmen Songsong Tahun 2024 Dengan Inovasi Dan Prestasi
Radarposbanten-Group
JAKARTA|Radarberitanasional.co.id-Di sepanjang tahun 2023, Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta telah melewati berbagai
tantangan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi baik sebagai satuan kerja maupun
sebagai pembina satuan kerja di bawahnya. Menyongsong tahun 2024, Kanwil
Kemenkumham DKI Jakarta menggelar Rapat Koordinasi Pengendalian Capaian
Kinerja dan Refleksi Akhir Tahun 2023, Rabu (20/12). Bertempat di Hotel Pomelotel
Jakarta, kegiatan ini dihadiri oleh Para Pimpinan Tinggi Pratama, Para Pejabat
Fungsional Ahli Madya, Para Pejabat Struktural dan Kepala Unit Pelaksana Teknis di
lingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. Adapun narasumber yang hadir yaitu
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jakarta Raya (Dedy Irsan), Kepala Biro
Perencanaan Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI (Ida Asep Somara) dan Auditor
Ahli Muda Inspektorat Wilayah III (David Maradona Lumban Batu).
Pengendalian capaian kinerja merupakan langkah penting yang dilakukan untuk
mengetahui sejauh mana kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan target yang
telah ditetapkan. Di tahun 2023, kinerja Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada 9
(sembilan) indikator penilaian mencapai nilai maksimal melebihi nilai rata-rata
nasional dengan jumlah nilai 97. Adapun 9 indikator terdiri dari penilaian IKPA,
SMART, Realisasi Anggaran, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE),
Target Kinerja Triwulan III, Tindak Lanjut BPK Semester I, Pengelolaan Barang Milik
Negara, Rencana Kerja Tahunan Reformasi Birokrasi dan Sistem Akuntabilitas
Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).
Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta bersiap menyambut tahun 2024. Para Kepala
Divisi menyampaikan 52 Rencana Aksi yang harus diimplementasikan oleh selurujajaran Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. Begitu pula para Narasumber yang
memberikan penguatan terkait persiapan pelaksanaan tugas dan fungsi di tahun
2024. Dedy Irsan memaparkan peningkatan kualitas pelayanan publik yang harus
dilaksanakan oleh satuan kerja. Selain itu, Ida Asep Somara memberikan penguatan
terkait Reformasi Birokrasi. Beliau berharap jajaran dapat membangun strategi
pelaksanaan Reformasi Birokrasi di tahun 2024 yang merupakan periode akhir dari
Grand Design Reformasi Birokrasi. Terakhir, David Maradona Lumban Batu
menyampaikan evaluasi dan persiapan pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas
di tahun mendatang.
Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta tak henti berkomitmen meningkatkan kualitas
pelayanan publik. Menyongsong tahun 2024 dengan inovasi dan prestasi, Kanwil
Kemenkumham DKI Jakarta mengembangkan aplikasi Si Ki-Be Hai Penyuluh menjadi
Si Ki-Be Hai Luhbankum dengan pengembangan fitur Kelurahan Sadar Hukum dan
Organisasi Bantuan Hukum (OBH). Selain itu, Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta
turut mengapresiasi satuan kerja dengan memberikan penghargaan pada Kategori
UPT Terbaik berdasarkan 8 Indikator Penilaian dengan Pagu Kecil, Pagu Sedang dan
Pagu Besar, Kategori Press Release Glorifikasi Kinerja di Media Online dan Media
Sosial Terbanyak, serta Kategori Unit Kerja yang lulus penilaian Tim Penilaian
Internal.
Kepala Kantor Wilayah, Ibnu Chuldun, memberikan arahan dan menyebut bahwa
kegiatan ini menjadi momen refleksi untuk menghargai dan mensyukuri pencapaian
serta belajar dari pengalaman. Beliau memerintahkan jajarannya untuk berbenah
bersama serta meningkatkan jalinan sinergi dan kolaborasi. Beliau menyampaikan
penghargaan atas dedikasi dan kontribusi seluruh jajaran untuk mendukung
pelaksanaan tugas dan fungsi Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. “Terus tingkatkan
profesionalitas dan inovasi di bidang tugas masing-masing serta jaga citra positif diri
maupun institusi agar kepercayaan masyarakat terus meningkat,” tutup Ibnu Chuldun.
( Sodikin/Rls )